PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO TERINTEGRASI

KOMITMEN DAN KEBIJAKAN

Dalam rangka menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, baik internal maupun eksternal, serta untuk memberikan jaminan dalam pencapaian visi dan misi, Perusahaan berkomitmen untuk menerapkan Manajemen Risiko Terintegrasi yang sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan untuk mewujudkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) pada seluruh aktivitas dan kepentingan usaha PT Mega Eltra.

Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi ini bertujuan memastikan pencapaian nilai (value) bagi Pemegang Saham dan pemenuhan komitmen pada karyawan dan seluruh pemangku kepentingan terkait lainnya.

Untuk menjamin hal tersebut, Perusahaan:

Menyusun Pedoman Penerapan Manajemen Risiko Terintegrasi No Dokumen: DIR/KEL-100/500/1218/088 Rev. 0 Tanggal 01 Desember 2018 yang mengacu pada SNI ISO 31000 Manajemen Risiko – Prinsip dan Panduan.

  • Mewajibkan penanggung jawab risiko di setiap tingkatan organisasi melakukan proses identifikasi, analisis, dan evaluasi pengelolaan risiko serta menjadi dasar dalam pengambilan keputusan sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya;
  • Berkomitmen untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia pengelola risiko, menyediakan anggaran pengelolaan risiko, serta menyediakan dukungan teknologi informasi untuk pengelolaan risiko secara memadai dan menjadikan budaya sadar risiko sebagai bagian dari budaya Perusahaan;
  • Melakukan evaluasi melalui Penilaian Tingkat Maturitas Penerapan Manajemen Risiko.

Berdasarkan Surat Keputusan Direksi PT Mega Eltra dengan Nomor: 047/KEP/DIR/2016 tanggal 26 Oktober 2016 tentang Penyempurnaan Struktur Organisasi, Tugas Pokok dan Fungsi Jabatan, Departemen Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Risiko ditunjuk sebagai penanggung jawab penerapan manajemen risiko.

PENGELOLAAN RISIKO

Pengelolaan risiko di Perusahaan dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan terintegrasi. Untuk lebih mengoptimalkan proses pengelolaan risiko, atas arahan dari Pemegang Saham PT Mega Eltra menggunakan sistem dari Pupuk indonesia yaitu Pupuk Indonesia Risk Management Application (PRISMA). PRISMA menjadi sarana dalam melakukan proses identifikasi, analisis, dan evaluasi risiko (Risk Control Self Assessment/RCSA) berbasis teknologi nformasi. PRISMA juga berfungsi sebagai dashboard bagi Manajemen Perusahaan untuk melakukan pemantauan terhadap pengelolaan risiko di Pupuk Indonesia Group serta untuk mendukung pengambilan keputusan.