PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO TERINTEGRASI

KOMITMEN DAN KEBIJAKAN

PT Mega Eltra mempunyai visi “Menjadi Perusahaan yang memiliki keunggulan daya saing berkelanjutan dalam bidang usaha perdagangan Barang dan Jasa”, dengan melaksanakan kegiatan usaha dalam bidang Perdagangan, keagenan, dan bidang-bidang industri lainnya yang kompetitif di pasar nasional. Sebagai wujud kepedulian Perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dimana pertumbuhan kegiatan Perusahaan tetap memperhatikan risiko, maka Perusahaan berkomitmen:

  1. Menerapkan Manajemen Risiko secara terpadu (Enterprise Risk Management) yang merupakan bagian dalam pelaksanaan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) untuk mencapai tujuan dan sasaran Perusahaan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.
  2. Meningkatkan budaya sadar risiko dalam setiap aktivitas proses kerja sehingga menjadi bagian yang terintegrasi dengan seluruh praktik bisnis Perusahaan dan pengambilan keputusan.
  3. Menjadikan manajemen risiko sebagai dasar penyusunan anggaran berbasis risiko (Risk Based Budgeting) untuk mencapai realisasi proses bisnis secara efektif dan efisien yang selaras dengan sasaran dan strategi Perusahaan.
  4. Menjadikan hasil identifikasi, analisis, evaluasi, dan penanganan terhadap risiko sebagai dasar pemeriksaan dan pengawasan (risk based audit) serta pengambilan keputusan strategis, inovasi dan investasi dalam rangka peningkatan kinerja Perusahaan.
  5. Mengelola risiko di seluruh unit kerja, melaporkan realisasi pengendalian dan penanganan (mitigasi) risiko secara berkala serta menginformasikan kejadian risiko yang menyebabkan kerugian Perusahaan sebagai bahan kaji ulang untuk proses peningkatan Sistem Manajemen Risiko sesuai akuntabilitas dan tanggung jawab secara berkesinambungan.
  6. Menyediakan sumber daya yang memadai untuk meningkatkan kinerja Sistem Manajemen Risiko secara menyeluruh dan berkesinambungan untuk mencapai tujuan dan sasaran kebijakan ini.

 

PENGELOLAAN RISIKO

Pengelolaan risiko di Perusahaan dilakukan secara sistematis, terstruktur, dan terintegrasi. Untuk lebih mengoptimalkan proses pengelolaan risiko, atas arahan dari Pemegang Saham PT Mega Eltra menggunakan sistem dari Pupuk indonesia yaitu Pupuk Indonesia Risk Management Application (PRISMA). PRISMA menjadi sarana dalam melakukan proses identifikasi, analisis, dan evaluasi risiko (Risk Control Self Assessment/RCSA) berbasis teknologi informasi. PRISMA juga berfungsi sebagai dashboard bagi Manajemen Perusahaan untuk melakukan pemantauan terhadap pengelolaan risiko di Pupuk Indonesia Group serta untuk mendukung pengambilan keputusan.