Sejarah PT MEGA ELTRA

 

GEDUNG MEGA ELTRA Jl. Menteng Raya 27 Jakarta - Indonesia, dahulu dikenal sebagai Villa Menteng yang dibangun oleh Arsitek Ir FJL Ghijsels tahun 1920
Bermula dari sebuah perusahaan Belanda yang bergerak dalam bidang usaha kelistrikan, mesin dan peralatan tehnik yang pada tahun 1940, dengan nama Electro Import NV, yang merupakan anak perusahaan Jacobson Vanden Berg & Co, sebuah perusahaan Belanda yang pada zamannya dikenal dalam kelompok perusahaan "The Big Five". Dengan adanya nasionalisasi terhadap perusahaan Belanda pada tahun 1958 sampai dengan 1960, nama NV. Electro Import berubah menjadi PT. Yuda Electro, yang kemudian dengan PP No. 72 tahun 1961 perusahaan ini diintergerasikan ke dalam PN Tulus Bhakti sebagai Divisi Electro Tehnik. Berdasarkan Keputusan Menteri Perdagangan No. 376/VI/SK/64 tahun 1964, berganti nama menjadi Mega Elektro (Mesin, Gaya dan Electro) dan dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No. 32 tahun 1965 menjadi Perusahaan Negara Mega Electro (PN Mega Electro). Pada tgl. 28 Desember 1970 Negara RI berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24, berubah menjadi Perusahaan Perseroan dengan nama PT Mega Electro.
 
Pada tahun 1977 mendapat pelimpahan / tambahan modal dari eks, Likuidasi PT. Pembangunan Niaga dan penambahan bidang usaha perdagangan sehingga nama PT Mega Electro berubah menjadi PT Mega Eltra, yaitu singkatan dari Mesin, Gaya, Electro dan Trading.
Dengan diterbitkannya PP No. 34/1998, tanggal 25 Februari 1998 dan RUPSLB PT Mega Eltra, PT Mega Eltra menjadi anggota group PT Pupuk Sriwidjaja (Persero), yang pada akhir tahun 2010 melakukan spin off dan berubah nama menjadi PT Pupuk Indonesia (Persero).

PUPUK INDONESIA GROUP

Pupuk Indonesia
PIM

Pusri

Pupuk Kujang

Petro Kimia Gresik

Pupuk Kaltim

Rekind

Megaeltra

Pilog

Pupuk Indonesia Energi